Semenjak kehadirannya di Indonesia di tahun 2004 silam, Honda Jazz sanggup menjadi hatchback
subcompact terlaris di Indonesia, selain menjadi market leader, Honda Jazz juga
menjadi tulang punggung penjualan mobil Honda di Indonesia. Maka tidak ayal
seandainya generasi terkini dari Honda Jazz ini telah benar-benar dinanti-nanti
oleh pecinta mobil hatchback subcompact di Indonesia. Berharap tahu seperti apa
mendetail dari All New Honda Jazz baru 2014 ini?
Bentuk eksterior Honda
Jazz kini memiliki desain baru yang jauh berbeda dibandingkan dengan model
sebelumnya. Tampilannya kini lebih sangar, galak dan futuristik, nampaknya agak
sedikit tidak umum untuk sebuah hatchback 5 pintu. Namun kami benar-benar
menyenangi dengan tampilan baru ini sebab memberikan kesan sporty dan dinamis.
Lampu depan Honda
Jazz RS memiliki projector headlight seperti saingannya, namun di Honda
Jazz ini bukan cuma projection headlamp umum, sebab dibaliknya tersembunyi
lampu LED yang berfungsi sebagai penerangan utama dan dilengkapi dengan Auto
Leveling Adjuster yang akan secara otomatis merubah ketinggian sorot lampu
sesuai dengan keadaan jalan. Di bagian bumpernya, kita akan menemukan dua buah
lampu. Yang pertama adalah lampu fog lamp sebagaimana mobil pada lazimnya, yang
kedua adalah LED DRL (Daytime Running Light) stripe vertikal yang memberikan kesan
futuristik yang akan meningkatkan visibilitas kendaraan di jalan berkabut serta
kesan sporty dan dinamis™.
Grille Honda Jazz
2014 ini merubah perpsepsi mobil yang selama ini patut menggunakan chrome,
dialek silver atau doff pada grille mereka. Honda Jazz 2014 menggunakan grille
dengan dialek piano black mengkilap seperti layaknya dialek pada dashboard.
Pada varian RS, AutonetMagz juga menemukan logo RS di sebelah kanan seperti
model sebelumnya. Dari samping, mobil ini nampak lebih kompak dibandingkan dengan
model sebelumnya, panjangnya berkurang 36 mm, lebarnya bertambah 8 mm namun
tingginya tetap 1.702 mm tanpa ubahan berarti. Wheelbase-nya bahkan turut
bertambah menjadi 2.530 mm. Dari samping kita akan menemukan garis bodi yang
tajam tidak seperti Honda Jazz sebelumnya. Di Honda Jazz tipe RS telah
dilengkapi aero kit yang terdiri dari side skirt dan rear skirt.
Velg Honda Jazz
yang dipakai di tipe RS ini adalah velg 16 inchi dengan two tone color seperti
model velg masa kini yang tampil futuristik. Ban yang dipakai dipercayakan
terhadap Bridgestone Turanza yang ditujukan sebagai ban untuk pemakaian harian.
Pada rem belakang, kita tidak akan menemukan rem cakram seperti saingannya,
namun masih bisa dimaklumi sebab di kelas ini rem tromol masih bisa dipercaya
seandainya memandang bobot dan tenaga mesin.
Dari belakang, kita tidak akan menemukan ciri khas Honda Jazz terdahulu di mobil ini.
Justru bentuknya kini lebih mirip sebuah Volvo hatchback dibandingkan dengan
desain mobil Honda pada lazimnya. Untuk tipe RS telah mendapatkan sebuah Rear
Wing Spoiler dan License Plate Garnish dengan chrome agak menghitam supaya
nampak sporty. Sekarang tuas pembuka pintu belakang telah menggunakan model
elektrik.
Pintu Honda Jazz
RS memiliki dua buah tombol yang berlokasi berjauhan. Tombol pertama adalah
tombol karet yang bisa dipakai untuk membuka kunci tanpa patut mengeluarkan
kunci dari kantung atau tas anda. Yang kedua adalah lubang kunci yang berlokasi
dibawah gagang pintu seandainya Smart Key tidak terdeteksi.
Sebelum masuk ke dalam kabin Honda Jazz baru 2014, kita akan dikejutkan dengan lapisan karet
yang berlokasi di pintu baris kedua untuk menutup celah antara pintu depan dan
pintu baris kedua. Lazimnya mendetail seperti ini kita peroleh di mobil mewah,
namun di Honda Jazz RS ini kita telah menemukannya untuk memberikan kekedapan
suara yang lebih bagus. Namun sayangnya hal ini menjadi blunder, sebab
pemasangannya nampak tidak rapih dan benar-benar mudah dilepas.
Masuk ke dalam interior Honda
Jazz, kita akan disuguhkan interior dengan desain baru yang pernah kita
lihat di Honda City 2014. Namun antara Honda Jazz dan City sebetulnya
interiornya benar-benar berbeda diantara keduanya. Secara dari segi fitur yang
ditawarkan di dashboard mobil ini. Komponen tengah dashboard yang terdapat
Head-unit dan panel AC lebih mengarah ke pengemudi supaya mempermudah
pengoperasian.
Setir Honda Jazz
RS kini telah dilengkapi dengan lingkar kemudi kulit dengan Stiching warna
hitam, desainnya juga kini lebih manis sebab telah dilengkapi dengan Steering
Switch Control di sebelah kiri dan tombol pengatur Cruise Control di sebelah
kanan. Penguasaan Tilt and Telescopic yang satu-satunya di kelas ini membuat
Honda Jazz RS yang terbaik dari penguasaan driving position-nya. Tak cuma itu,
dibalik stir-nya juga ada Paddle Shift loh!

No comments:
Post a Comment